Bangunan Bermasalah Dibongkar Paksa di Keb. Lama Jaksel

sudin p2b jakselJakarta,SENTANAonline.com

SATU unit bangunan bermasalah  di Jl. Kramat I Kelurahan Grogol Utara  Kecamatan Kebayoran Lama,  Kota Administrasi Jakarta Selatan dibongkar paksa, Rabu (21/5).  Pembongkaran paksa dilakukan karena bangunan tersebut beridiri 3 lantai dengan rongga atap, padahal seharusnya bangunan tersebut dibangun  2 lantai.

Pelaksanaan pembongkaran yang  mengerahkan sekitar 35 personil Satpol PP, TNI,  dan polisi, tersebut tidak mendapat perlawanan dari pihak pemilik bangunan.  Petugas  terus melakukan pembongkaran di bagian lantai tiga yang melanggar izin mendirikan bangunan (IMB). Disebutkan, bagian lantai tiga tersebut akan dipapas habis.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan  Penertiban Bangunan (P2B) Kecamatan Kebayoran Lama, Aji Suritno, pelaksanaan pembongkaran bangunan tersebut merupakan wewenang pihak Suku Dinas (Sudin)  P2B Kota Adminis Jakarta Selatan, sedangkan pihaknya selaku pemilik wilayah kecamatan hanya  sekedar mendampingi.

Namun selaku pengawsa bangunan di tingkat kecamatan  wajib proaktif, bahkan harus  memberikan informasi kepada P2B tingkat kota setiap kali menemukan pelanggaran di wilayahnya. “Kita menyampaikan segala sesuatu menyangkut pelanggaran bangunan di sini, dan selanjutnya yang menjadi wewenang pihak Sudin, merekalah yang   menertibkannya,” ujarnya di lokasi, Rabu (21/5).

Menurut Kasi  Penertiban Sudin P2B Kota Adminsitrasi Jakarta Selatan, Poniman menjelaskan, bangunan tersebut dibongkar karena pemiliknya tidak mengindahkan aturan izin mendirikan bangunan yang  berlaku. Namun pelaksanaan pambongkaran telah sesuai dengan prosedur yang ada, dimana pihak P2B telah memberikan teguran dan surat peringatan.

Dikatakannya,   pihakanya mengharapkan jika para pemilik bangunan yang melanggar IMB bersedia  melakukan pembongkaran sendiri terhadap bagian bangunannya yang melanggar. Artinya  bagian bangunan yang  melanggar dibongkar sendiri. Jadi  bukan berarti semua bagian bangunan dibongkar. 

“Kita  akan melaksanakan dengan tegas penertiban bangunan bermasalah di Jakarta Selatan, namun harus sesuai dengan aturan yang ada. Bukan berarti asal bongkar,” ungkap Kasi Penertiban P2B Jakarta Selatan yang baru bertugass ekitar 3 minggu ini.

Menurutnya, program P2B Jakarta Selatan  ke depannya,  akan lebih efektif, khusunya dalam hal tindakan bongkar paksa bangunan pelanggar IMB. “Kita akan melaksanakan pembongkaran rutin di seluruh wilayah kecamatan. Dalam seminggu, minimal kita akan membongkar 3 bangunan bermasalah,” pungaksnya.(PS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s